ERdZAFOzUP2cM85Oj2EKgzGuYi1ApmLapClM9kbZ

30 Rekomendasi Lagu Jepang Tahun 2022 yang Sayang untuk Dilewatkan

30 Rekomendasi Lagu Jepang Tahun 2022 yang Sayang Untuk DilewatkanAimyon (natalie.mu)

Tidak terasa sebentar lagi kita akan segera menutup kalender tahun 2022 dan siap menyambut tahun baru 2023. Dan melanjutkan artikel rekomendasi lagu j-pop tahun lalu sebelumnya, di penghujung tahun ini saya kembali untuk membagikan rekomendasi lagu Jepang/J-pop tahun 2022.

Ada begitu banyak lagu-lagu J-pop yang dirilis di sepanjang tahun ini, di antaranya adalah 30 lagu yang saya rekomendasikan ini, yang mungkin belum kamu dengarkan dan bakal cocok di telinga kamu.

Jadi sebelum tahun ini berakhir, kamu bisa coba dengarkan rekomendasi lagu Jepang tahun 2022 di bawah ini dengan berbagai artis dan genre yang beragam, supaya tidak ketinggalan.

1. Aimyon - Futaba


Lagu J-pop tahun 2022 yang pertama saya rekomendasikan adalah Futaba milik penyanyi-penulis lagu Aimyon. Lagu ini diciptakan oleh Aimyon untuk "18 Fes", sebuah acara yang diperuntukan untuk "generasi 18 tahun" (umur 17 hingga 20 tahun) yang diadakan pada tanggal 6 Maret oleh NHK, bertepatan dengan hari ulang tahun ke-27 Aimyon.

Dalam lagu Futaba yang bisa diartikan Daun Benih ini, berisikan pesan Aimyon untuk para remaja yang akan segera menginjak usia dewasa mereka, dikemas dengan melodi santai yang nyaman untuk dinikmati.

Lagu ini dirilis pada 24 Maret secara digital, dan juga dimasukkan dalam album keempat Aimyon Hitomi e Ochiru yo Record yang dirilis pada 17 Agustus. 

2. Atarayo - Mata Natsu wo Ou 


Berikutnya ada lagu galau Mata Natsu wo Ou milik Atarayo, yang dikenal sebagai band yang tumbuh dengan memakan kesedihan. Lagu musim panas kedua Atarayo setelah Natsugasumi ini masih mengangkat tema perpisahan sepasang kekasih.

Lagu ini menceritakan seseorang yang memutuskan untuk meninggalkan kekasihnya yang sudah tidak bisa berubah. Dengan musik dan suara vokal hitomi yang bernuansa sedih, lagu ini cocok sekali untuk menemani galaumu, namun jangan terlalu berlarut dalam kesedihan ya.

Lagu ini dirilis pada 24 Agustus, selain itu kamu juga bisa coba dengarkan lagu Atarayo tahun ini lainnya seperti lagu Christmas no Yoru yang baru saja dirilis pada 2 Desember kemarin.

3. Yorushika - Chi no Kate 


Lagu bernuansa santai Chi no Kate milik duo grup Yorushika ini juga wajib kamu dengarkan, lagu yang dirilis pada 29 Agustus ini terpinspirasi dari puisi prosa karya André Gide berjudul The Fruits of the Earth (bahasa Prancis: Les nourritures terrestres) yang diterbitkan pada 1897 di Prancis.

Lagu tersebut juga digunakan sebagai lagu tema drama Renovation Like Magic (Mahou no Rinobe), serial drama yang mulai tayang pada 18 Juli 2022 dan diadaptasi dari manga dengan judul yang sama buatan Maki Hoshizaki.

4. Official HIGE DANdism - Subtitle


Rekomendasi lagu Jepang selanjutnya adalah lagu milik band yang biasa disingkat HIGEDAN, salah satu lagu yang mereka rilis di tahun ini adalah lagu Subtitle pada 12 Oktober kemarin, lagu ini ditulis dan dikomposeri oleh sang vokalis Satoshi Fujihara.

Lagu ini menceritakan tentang bagaimana seseorang ingin menyampaikan perasaannya pada orang yang berharga bagi dirinya, lagu ini menjadi lagu tema drama silent, yang mulai tayang pada 6 Oktober 2022 di Fuji TV.

5. ASIAN KUNG-FU GENERATION - Hoshi no Yoru, Hikari no Machi (feat. Rachel & OMSB)


Band rock lawas ASIAN KUNG-FU GENERATION juga masih sangat produktif di tahun 2022 ini, bahkan mereka merilis album ke-10 mereka Planet Folks pada 30 Maret tahun ini, yang juga bisa coba kamu dengarkan dengan 14 track di dalamnya.

Dan salah satu tracklist di album tersebut adalah Hoshi no Yoru, Hikari no Machi. Dalam lagu ini mereka berkolaborasi dengan rapper RACHEL dari grup chelmico dan OMSB dari grup SIMI LAB, keduanya juga ikut dalam pengerjaan musiknya bersama sang vokalis Masafumi Gotoh.

Kolaborasi tersebut menghasilkan lagu yang epik, lagu ini cocok sekali kamu dengarkan di malam hari seraya menatap bintang-bintang yang indah di langit malam, selaras dengan judulnya yang berarti Malam Berbintang, Kota Cahaya.

6. Ado - Kaze no Yukue


Ado, penyanyi anonim yang cukup banyak menarik perhatian terutama bagi penggemar di luar Jepang pada tahun ini karena sukses membawakan 7 lagu soundtrack film anime populer One Piece Film: RED yang tayang di tahun ini.

Salah satu lagu tersebut adalah Kaze no Yukue, lagu ini disediakan oleh Motohiro Hata dan dimasukkan dalam album soundtrack pertama Ado, Uta no Uta ONE PIECE FILM RED yang dirilis pada 10 Agustus.

Dengan karakter suara Ado yang kuat, lagu ini dikemas dengan nuansa ballad yang indah. Selain itu, kamu juga bisa dengarkan 6 lagu Ado lainnya yang digunakan sebagai soundtrack dalam movie tersebut.

7. Ryokuoushoku Shakai - Breath


Lagu Breath milik band yang biasa disingkat RyokuShaka ini dirilis pada 4 Juli, yang bertepatan dengan hari peringatan 10 tahun pembentukan band ini.

Lagu bernuansa kalem yang ditemani suara musik piano serta instrumen lain yang indah ini menceritakan tentang bagaimana kita terus mencari 'cahaya' dalam hidup kita seiring dengan bertambahnya usia kita. Lagu ini cocok dinikmati di kala kita sedang flashback merenungkan apa yang telah terjadi dalam perjalanan hidup kita.

8. Vaundy - Soumatou


Penyanyi dan produser musik Vaundy cukup produktif di tahun ini dengan merilis lagu-lagunya sendiri maupun menyediakan lagu untuk artis lain, salah satu lagunya yang saya rekomendasikan adalah lagu rock ballad, Soumatou.

Lagu yang dirilis pada 11 Juli ini merupakan lagu ballad yang dengan lembut merangkul hati dan pikiran orang-orang yang hidup di era sekarang yang mudah merasa kesepian. 

9. Yuuri - Leo


Kemudian ada lagu tentang hubungan antara hewan peliharaan dengan pemiliknya yang berjudul Leo milik penyanyi-penulis lagu Yuuri. Lagu ini dirilis dalam album pertamanya yang berjudul Ichi pada 12 Januari, dengan total 16 track.

Video musiknya dirilis pada 3 Februari, Yuuri juga membawakan lagu dengan musik yang enak didengar namun sedikit bernuansa sedih ini di YouTube channel THE FIRST TAKE pada 19 Agustus.

10. milet - Before the Dawn 


Lagu Before the Dawn ini cocok sekali kamu dengarkan saat menunggu fajar tiba atau saat kamu sedang ingin naikin mood kamu. Lagu milik penyanyi dengan suara khas husky merdunya ini dirilis dalam EP Flare pada 9 Maret 2022.

Selain itu, di tahun ini milet juga merilis album keduanya visions pada Februari kemarin yang juga bisa coba kamu dengarkan, termasuk singel dan EP-nya yang dirilis setelah perilisan album tersebut.

11. Misaki - Umarekawatte mo


Lagu romantis Umarekawatte mo milik penyanyi muda Misaki ini juga wajib kamu dengarkan, lagu ini dirilis pada 24 Agustus dan digunakan sebagai lagu tema program TV Tokyo Kare & Kanojo no Ie, Tsuite Itte ii desu ka.

Dengan suara polos Misaki dan nuansa musik yang kalem, lagu ini bercerita tentang sepasang kekasih yang sedang membangun hubungan cinta mereka berdua, cocok sekali buat kamu dengarkan saat menghabiskan waktu bersama sang pujaan hati.

Dan untuk mempersingkat, kamu bisa langsung lihat dan dengarkan rekomendasi berikutnya di bawah ini ya, kebetulan semua lagunya sudah saya post di blog ini jadi tinggal cari artis dan judul lagunya di kolom pencarian blog ini.

12. SawanoHiroyuki[nZk]: Honoka Takahashi - LilaS



13. Aimer - Ivy Ivy Ivy 



14. RADWIMPS - Suzume feat.Toaka



15. Haruka Fukuhara - Michishirube feat. Hiplin & Rinne (Prod. GeG)



16. eill - Finale.



17. yama - Kubittake



18. ONE OK ROCK - Vandalize (Japanese ver.)



19. Mosawo - Mou Ichido ft. asmi



20. King Gnu - Ame Sansan



21. ReoNa - Alive



22. MAN WITH A MISSION - More Than Words



23. Survive Said The Prophet - Papersky



24. MONDO GROSSO - IN THIS WORLD feat. Ryuichi Sakamoto [Vocal: Hikari Mitsushima] 



25. SCANDAL - Ai ni Naranakatta no sa



26. Rinne, Kubotaki, asmi, ANATSUME - What's up



27. Eve - YOKU



28. Awesome City Club - Setting Sail ~Modern Love Tokyo~



29. Ikuta Lilas - Lens



30. BUMP OF CHICKEN - Souvernir 



Dan itulah 30 lagu Jepang tahun 2022 yang saya rekomendasikan untuk kamu dengarkan, semoga bisa menambah referensi musik Jepang kamu ya, dan memberikan dampak positif tentunya.
Rio Agustya
Blogger & translator yang masih amatiran.

Related Posts

Posting Komentar